Buku Gratis

APLIKASI AKUNTANSI MENGGUNAKAN MS.EXCEL


APLIKASI AKUNTANSI MENGGUNAKAN MS.EXCEL

A.    SIKLUS AKUNTANSI
Salah satu definisi akuntansi adalah suatu seni mencatat, menggolongkan,  menganalisa, menafsirkan dan menyajikan laporan keuangan dalam suatu perusahaan secara sistematis. Jadi jelas dalam hal ini bahwa akuntansi adalah suatu proses atau transformasi data akuntansi menjadi informasi akuntansi atau yang sering disebut dengan laporan keuangan. Proses transformasi data akuntansi menjadi informasi akuntansi dilakukan dengan melalui beberapa tahap sehingga tahapan tersebut menjadi suatu siklus yang disebut siklus akutansi. Siklus akuntansi secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut:

B.     ELEMEN-ELEMEN SIKLUS AKUNTANSI
 Beberapa elemen yang dapat dijelaskan dalam siklus akuntasi di atas adalah sebagai berikut:
1.    Bukti Transaksi
Merupakan seluruh dokumen yang digunkan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan. Conoth bukti transaksi antara lain kwitansi, faktur, cek, bukti kas keluar dan sebaginya.
2.    Jurnal
Jurnal merupakan catatan akuntansi yang pertama yang digunakan  melakukan pencatatan, pengklasifikasian dan peringkasan data keuangan. 
ü Bukti Transaksi
ü Jurnal Buku  Besar
ü Buku Pembantu
ü Laporan Keuangan
ü Laporan
3.    Buku Besar
Buku besar atau General Ledger merupakan buku yang digunakan untuk  melakukan peringkasan, pengklasifikasian data-data keuangan  yang berasal dari data jurnal dari hasil proses posting.
4.    Buku Pembantu
Buku pembantu merupakan buku yang terdiri dari rekening-rekening pembantu yang berisi rincian data keuangan yang tercantuk dari rekening terntentu yang ada dalam buku besar (dalam perusahaan dagang).
5.    Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses pengolahan data akuntansi berupa Neraca, Laporan Laba-Rugi, Laproan Perubahan Modal, Arus Kas dan lain -lain.
C.     SIKLUS AKUNTANSI PROGRAM APLIKASI AKUNTANSI MICROSOFT EXCEL
Dalam program aplikasi akuntansi menggunakan Microsoft Excel ini siklus akuntansinya tidak jauh beda dengan siklus akuntansi dengan yang dilakukan secara manual. Dalam siklus ini dimulai dari pencatatan transaksi berdasarkan bukti transaksi ke dalam jurnal, kemudian data jurnal diposting ke buku besar. Dari buku besar dipindahkan ke neraca saldo, kemudaian membua neraca lajur, lalu dilakukan penyesuaian berdasarkan data penyesuaian yang ada, setelah itu dari berdasarkan data neraca lajur dibuatlah laporan keuangan.

D.    MENU DAN FUNGSI YANG DIGUNAKAN  
Beberapa menu dan fungsi dalam Microsoft excel yang digunakan dalam program aplikasi akuntansi ini adalah sebagai berikut:
1.    Menu DATA FORM
Menu ini digunakan untuk membantu pengguna dalam memasukkan data ke dalam format yang sudah disiapkan sebelumnya.
2.    Menu DATA FILTER, ADVANCED FILTER 
Menu ini digunakan untuk melakukan pencarian data beradasarkan criteria yang di ingingkan dari suatu kumpulan data yang tersedia (data query).
3.    Menu COPY PASTE
Menu ini digunakan untuk menyalin data dari suatu data range ke data range tertentu.
4.    Menu FORMAT CELLS COLOUMN HIDE
Menu ini digunkan untuk menyembunyikan kolom data yang tidak lagi dibutuhkan dalam tampilan data.
5.    Fungsi SUM
Untuk menjumlahkan nilai-nilai yang ada pada suatu range data.
6.    Fungsi Logika IF
Fungsi ini digunakan untuk menentukan suatu keputusan berdasarkan suatu kondisi atau syarat tertentu. Biasanya selalu dikombinasikan dengan beberapa operator seperti operator perhitungan, opereator perbandingan, operator relasi, operator logika.
7.    Fungsi Arimatika
Fungsi ini digunakan untuk membuat formula yang berkaitan dengan kalkulasi data yang akan diproses.
8.    Fungsi Pembacaan Tabel VLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk membaca suatu nilai yang ada pada suatu range data tabel yang digunakan. Untuk mengikat atau mengabsolutkan nilai yang ada dalam suatu tabel yang ada digunakan tombol fungsi F4.

Untuk dapat menggunakan Microsoft Excel sebagai salah satu paket software lembar kerja elektronis dalam bidang akuntansi ini, yang jelas dibutuhkan pengetahuan dibidang akuntansi itu sendiri kemudian pengetahuan atau keterampilan pengoperasian Microsoft Excel. Tidak bisa disangkal lagi saat ini Microsoft Excel sudah sangat familiar dikalangan umum sebagai bagian dari Microfot Office yang bisa dijadikan alat untuk membantu permasalahan di dalam mengolah data-data  numeric. Penerapan akuntansi menggunakan Microsoft Excel adalah salah satu solusi alternative yang relative sederhana namun bisa dibilang efektif. Sangat sederhana dan tidak menuntut orang yang mengerjakannya untuk tahu dan bisa membuat suatu program aplikasi computer tapi cukup mengerti akuntansi dan bisa mengeoperasikan micosoft excel.
 Untuk itu penulis akan mencoba memberikan contoh penyelesaian kasus akuntansi menggunakan micorsoft excel. Untuk dapat membantu menyelesaikan kasus akuntansi menggunakan Microsoft excel ada beberapa langkah utama yang harus dilakukan. Adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:
      1)      Merancang kode rekening
      2)      Membuat tabel rekening
      3)      Membuat buku harian atau jurnal umum
      4)      Membuat buku besar
      5)      Membuat neraca saldo
      6)      Membuat jurnal penyesuaian
      7)      Membuat neraca lajur
      8)   Membuat laporan keuangan

     Berikut ini akan diberikan contoh bagaimana lebih jelasya langkah-langkah di atas dilakukan pada contoh kasus akuntansi dengan bidang usaha jasa. Sehingga langkahlangkah yang dimaksud akan bisa dengan mudah dipahami.

Silahkan Dowload Disini.!

No comments:

Post a Comment

Download Disini

Pages