Buku Gratis

Aplikasi Seleksi Karyawan Menggunakan Excel 2007


Aplikasi Seleksi Karyawan Menggunakan Excel 2007

Aplikasi yang akan kita buat adalah aplikasi sederhana yang digunakan untuk menyeleksi karyawan sebuah perusahaan. Sebenarnya dulu ketika saya praktik membuat aplikasi ini, saya mengkombinasi dan mengikuti dari beberapa ebook yang saya miliki. Tapi ebooknya sudah hilang, dan yang saya ingat adalah beberapa langkahnya yang saya tulis kembali untuk di share ke anda semua. Okey..., tanpa basa-basi lagi. Untuk awalannya, anda perlu membuat suatu fungsi. Fungsi ini kita beri nama seleksi. Berikut urutanannya, monggo disimak….


Membuat Fungsi Seleksi
Sebelum anda membuat aplikasi ini, pastikan tab developer sudah anda aktifkan. Apabila belum aktif, silahkan anda aktifkan dengan cara. Klik office button (yang bulat) disebelah kiri atas-klik Excel Options-beri tanda centang (√) pada show Developer Tab In The Ribbon-maka secara otomatis tab developer aktif. Saatnya kita buat fungsi seleksi.

 Fungsi seleksi digunakan guna mempermudah melakukan perhitungan dalam penilaian hasil seleksi.
1. jalankan Microsoft excel, kemudian simpan file dengan menggunakan format *.xlsm contoh: kita berikan nama “Seleksi karyawan.xlsm”
2. untuk menampilkan VB editor, tekan kombinasi alt+f11 atau klik tombol visual basic yang terdapat pada tab developer group code.

3. Pada jendela vb editor, pilih menu utama insert>module untuk menambahkan module baru.
4. Ingat, file property nya ganti dengan nama fungsi.

Worksheet Database
Aplikasi penerimaan karyawan memiliki 2 worksheet. Yakni, worksheet form dan worksheet database. Untuk mengingatnya, anda kasih aja nama worksheetnya dengan melakunkan rename pada worksheet tersebut. Gitu aja kok repot.
1. Pertama-tama, hapus dulu sheet yang ketiga. Biar ndak repot.
2. Setelah dihapus, baru sheet 1 dan sheet 2 kita rename.

3. Pilih worksheet database dulu untuk membuat table-tabel databasenya. Pada cell A1 ketikan title perusahaanya. Misalnya Daftar Pelamar CV. JM tech | Creative Design & Concept | www.jasamultimedia.com. Ubah font menjadi tebal dengan ukuran font 12.
4. Pada cell A2 ketikkan Nama, dengan column width 23. Caranya pada tab home, pilih menu column width, kemudian isikan dengan angka 23.
5. Dengan cara yang sama, ubah pada cell-cell berikut

6. Untuk mengubah formatnya, blok range A2:G2 trus pilih format cell, atau tekan tombol kombinasi ctrl+1
7. Pada tab aligment. Pilih horizontal dan vertical menjadi center
8. Pada tab font. Pilih font stylenya menjadi bold.
9. Pada tab border. Pilih line style dengan garis terputus-putus. Pilih tombol outline dan inside. Akhiri dengan menekan tombol OK
10. Tempatkan pointer pada sel A3. Kemudian anda klik tab view dan anda pilih freeze panes. Langkah ini bertujuan agar pada waktu dugulung, bagian judul tidak ikut tergulung juga.


Download :


No comments:

Post a Comment

Download Disini

Pages